Jumat, 25 Juni 2010

JAKARTA........JAKARTA................BUDAYA MU..............

tanggal 22 kemarin gw ngurus perpanjangan pasport di kantor imigrasi mampang hari kedua. sengaja bikin nya engga pake calo. mau ngurus sendiri. di hari pertama gw udah gondok setengah mati buat nunggu antrian buat ngurus surat2 dan interview. gw dateng jam 8 pagi dapet nomor urut 332, baru dapet giliran jam 4 sore gila........

di hari kedua gw pengambilan foto. hari itu gw dateng jam 9 pagi dapet nomor urut 98. gw pikir lumayan lah cuma foto doang pasti cepet, engga taunya lebih lama lagi jam sampe jam 5 sore ckckckckkck.
di hari ini gw lebih memperhatikan situasi kantor di sana. emmm ternyata calonya banyak yach.......gw kira mereka sama kayak gw mau ngurus sendiri engga taunya ngurusin orang lain.
dan sekarang gw tahu kenapa kinerja di kantor itu lama karena lebih mendahulukan si calo2 itu yang ada duitnya. bayangin aja di ruang foto kalo engga salah hitung ada 9 kamera. masak sih nomor urut gw 98 kok bisa berjam2(8 jam ) nunggunya padahal photonya engga ada 5 menit lho........di hitung sendiri deh.......engga wajar kan sama waktu.
bukti kedua gw ketemu temen gw yang lagi ngurus pasport juga tapi biasa sama calo. gila dia baru dateng dan ngobrol ma gw cuma 10 menit eh tau tau udah di panggil aja buat photo. ckckkckckckck uang berbicara yaa
just informasi di ruang tunggunya sangat sangat tidak nyaman. panas banget engga ada ac alias siap2 keringetan aja.
yang lebih gondok lagi setelah sudah seharian antri selesai foto pasport baru jadi empat hari lagi........whaT !!!! temen gw yang pake calo besok udah jadi...........gondok banget engga sih.

kenapa yach di hari ulang tahun Jakarta gw dapet begini pelayanan masyarakatnya............jakarta jakarta budaya mu pungli, kkn emang engga bisa di hapus. padahal di depan kantor imigrasi di depannya ada spanduk gede " jangan melakukan jasa pungli". trus ada pasal2 pelanggaran pungli..............that just bull shit..............
yach gw cuma ngucapin SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTAKU...................


just informasi
biaya Rp 270 rb
bawa KK, akte kelahiran, ktp, ijasah, surat keterangan tempat kerja pakai materai 6000, semua harus yg asli dan di fotocopy 1 lembar masing2
beli map dan formulir rp 5000 di tempat tukang fotocopy di tengah ruang tunggu
selamat berjuang.....................

6 komentar:

  1. hidup birokrasi
    hidup pungli
    hidup calo
    hidup jakarta
    oh...

    BalasHapus
  2. ... Idiiihhh, kok kantor imigrasi kagak berubah2?? Nasib elo sama kyk gw brorrr!!! :( gw msh inget waktu gw nge-apply passport back in 1999. Nungguin dr jam 9 pagi,... eh, dipanggilnya pas sekitar jam 5-6 an!! Suetttan duangkalan!! :( mana udah pake org dalem lagi! Klo gak salah gw bayar 700ribuan. Selidik punya selidik, tuh org yg mao nolongin gw, kyknya $nya kagak bagi rata sama temen2 koleganya, alhasil, application gw kgk disentuh!! :( disentuhnya pas udah mao tutup!! Emang si gw langsung difoto sore itu juga. Tp kalo inget bayar sampe segitu, mendingan kgk pake calo. :( Kyknya KKN emang udah mendarah daging bro!! Gw dulu punya tmn kuliah kerja di kepolisian - dia sendiri yg blg: KKN mustahil di musnahkan. Udah menjadi darah daging! Udah bagian dr kebudayaan!
    Huh.. resah dan gelisah... kududuk disini... (kok jd lirik lagu??).. hi.hi.hi.. :) Anyway, Gw jd senewen kl inget mslh ini!! Untungnya gw gak bakalan ngadepin kyk ginian lagi. Disini bikin/perpanjang passport cuman tinggal ngisi application, ksh foto, sama $ administrasi. Jd dlm waktu 6 minggu & dikirim ke rumah langsung! Klo mao cepet, ada expedited service, tp emang $ adm-nya agak lebih (passport jd 2 minggu). Tp yg jelas, tuh $ kgk lari ke kantong petugas krn $ admn emang udah standard segitu. Pokoknya gw gak perlu NGEJOGROG di kantor Imigrasi seharian dgn perut laper, udara panas, bau berbagai macam badan, asep rokok, dsb. :( Pussssinnngg!! :( Tuh, udah gw komentarin kan?? puas, puas??! :) :) hi..hi..hi..hi... peace bro!!

    BalasHapus
  3. Ya bukan jakarta namanya kl ujung2nya bukan duit.Jangankan urusan buat sgla surat2 penting,u/buang hajat yg memang sudah ada ketentuannya dr sononya aja kita kudu bayar.Pdhal umur Jakarta udah Tuwir(tua mksdnya...)480thn...bs dibayangin dr zaman kompeni s/d pak kumis-Fauzi Bowo seharusnya Jakarta sbg Ibukota&kota Metropolitan menjadi contoh bagi kota2 besar lainnya di Indonesia.Jgn yg dibangun Mall,apartement,town house yg ujung2nya makin bkin tipis nih tanah jakarta.seharusnya pak kumis bs melihat bnyk kalangan atas/bwh yg butuh Taman hijau yg besarrrrrrrr spy kita bs main apa aja disitu tanpa biaya mahal...y mdl kyk ragunan tp bedanya kan itu kebun binatang.pkknya bs bawa rantang dr rumah&gelar tiker u/makan bersama...wuih sedappppssss.dibalik sisi negatifnya tanpa dipungkiri jakarta jg sbg Kota dgn menyimpan bnyk kesempatan u/kita bs mencari sesuap nasi&segenggam berlian.di kota ini sgla pekerjaan apapun itu bs hidup asal usaha.makanya tdk heran kl para sodara2 kita berbondong2 mengadu nasib di Jakarta.yah bayangin aja model POLGOP(polisi gopek)yg ada di perempatan or gang2 sempit aja bs hidup&kdng kita bth jg tenaganya u/membantu ngatur jalan yg makin semrawut aja krn kebnyakan kendaraan.Apalg model orang yg berpendidikan dr luar negeri sono,so pasti udh ada tempatnya di perusahaan2 bsr dgn gaji yg menggiurkan.Tapi inti dari semua ini kl mau hidup di jakarta ada beberapa Tips yg gw pkir bs membantu u/lbh kuat dlm menghadapi hidup:

    1.Jangan cepat Putus Asa
    mengutip judul lagu D"Massive"jangan menyerah
    segala pekerjaan baik itu pemulung maupun ora-
    ng kantoran terus berusaha jgn cepat menyerah
    dgn keadaan dimana ada usaha pasti ada jalan.
    jd Allah SWT menjanjikan tidak akan merubah na
    sib umatnya jika Kita sendiri tdk ada niat dan
    usaha u/merubahnya.

    2.Teguh Iman
    karena di Jakarta segala macam godaan tumpah
    ruah disini jadi kita harus membentengi diri
    dgn sgla godaan yg datang,apalg setiap go-
    daan psti ujung2nya negatif&bkin sengsara.
    cara plng aman yaitu Mendekatkan diri dgn
    Yang Maha Besar Allah SWT.

    3.Pilih2 temen
    Bukan berarti kita tdk blh berteman dgn
    siapapun.tp teman disini mksdnya jgn sam-
    gara2 teman kita ikutan terjerumus ke dlm
    hal2 yg bkin kita terjebak&menjadi temenya
    setan di neraka....wuih serem.pkknya temen
    yang baik adalah temen yg selalu bikin hi-
    dup kita lebih baik dr hari ke hari.bukan
    yg malah menjerumuskan ke lobang yg dalam.

    OK segitu aja tips dr saya,mudah2an dgn tips dr sy ini bs jadi acuan agar hidup kita di Jakarta bs tetap berwarna&Indah tp selalu berpegangan dgn yg Empunya Hidup Yaitu Allah SWT.Amien YRA.

    BalasHapus
  4. @exort : gw udah kecewa banget xort............kapan yaa kota kita bisa maju dan tertib bebas kkn............

    BalasHapus
  5. @agus pa : duh enaknya yaa bisa ngerasain bebas dari pungli. waktu di korea juga gitu gus engga pake ribet dan lama. nyaman lagi. ngurus pasport tinggal bayar di bank. pas gw bikin id card juga engga ribet. antriannya cepet dan engga pake bayar cuma beli materai lumayan mahal sih kalo engga salah 30 dolar. tapi soso lah...........
    kapan yaa jakarta kayak gitu.........

    BalasHapus
  6. @fufuy : thanks yaa fuy tipsnya. jakarta emang keras.......yang lemah pasti tertindas.........yaa gitu deh. pengen punya gubenur yang bisa merubah jakarta 180 derajat. mungkin engga yaa ?

    BalasHapus